Definisi Pendidikan, IPS dan Pendidikan IPS Menurut Para Ahli


Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli
1.      Ki Hajar Dewantara
Pendidikan adalah segala daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran serta jasmani anak agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.
2.      John Dewey
Pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup
3.      Carter V. Good
Pendidikan adalah proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan prilaku yang berlaku dalam masyarakatnya. Proses sosial dimana seseorang dipengaruhi oleh sesuatu lingkungan yang terpimpin (khususnya di sekolah) sehingga iya dapat mencapai kecakapan sosial dan mengembangkan kepribadiannya.
Definisi IPS Menurut Para Ahli     
1.      Moeljono Cokrodikardjo
mengemukakan bahwa IPS adalah perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. Ia merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi budaya, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.
2.      Nu’man Soemantri
             IPS merupakan pelajaran ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk pendidikan tingkat SD, SLTP, dan SLTA. Penyederhanaan mengandung arti: 
a) menurunkan tingkat kesukaran ilmu-ilmu sosial yang biasanya dipelajari di universitas  menjadi pelajaran yang sesuai dengan kematangan berfikir siswa siswi sekolah dasar dan lanjutan, 
b) mempertautkan dan memadukan bahan aneka cabang ilmu-ilmu sosial dan kehidupan    masyarakat sehingga menjadi pelajaran yang mudah dicerna.

3    .Keller C. R.
                        Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu paduan dari pada sejumlah ilmu-ilmu sosial dan ilmu lainnya yang tidak terikat oleh ketentuan/disiplin/struktur ilmu tertentu melainkan bertautan dengan kegiatan-kegiatan pendidikan yang berencana dan sistematis untuk kepentingan program pengajaran sekolah dengan tujuan memperbaiki, mengembangkan dan memajukan hubungan-hubungan kemanusiaan kemasyarakatan.

Definis Pendidikan IPS Menurut Para Ahli
1.      Prof Nu’man Soemantri
Istilah pendidikan IPS digunakan pada tingkat perguruan tinggi sebagi sub disiplin ilmu atau cabang dari disiplin ilmu tetapi belum dikenal secara baik.
Dalam istilah asing untuk Pendidikan IPS istilah yang sering digunakan adalah Sosial Studies, Sosial Education, Sosial Studies Education, Sosial Science Education, Citizenship Education, Studies of Society and Environment.

2.      Sapriya
Pendidikan IPS sebagai pendidikan disiplin ilmu mempunyai ilmu-ilmu yang mendukung IPS yang berakar pada suatu bidang yang disebut filsafat. Yang pada akhirnya ilmu-ilmu pendukung tersebut akan behulu pada ajaran agama.
3.      Edgar G. Wesley
Pendidikan IPS adalah penyederhanaan dari disiplin ilmu-ilmu social yang diorganisir, disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk mencapai tujuan pendidikan..



DAFTAR PUSTAKA

http://mbegedut.blogspot.com/2011/01/pengertian-definisi-pendidikan-menurut.html       

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Definisi Pendidikan, IPS dan Pendidikan IPS Menurut Para Ahli "

Posting Komentar